Leak Bali Lari ke Kendal

Leak merupakan mahluk mitologi dalam budaya Bali yang erat kaitan dengan Ilmu hitam. Tari Leak sering ditampilkan bersamaan dengan Rongda dan Barong khas Bali. Pertunjukan kesenian tersebut menjadi salah satu yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Sekarang untuk dapat melihat tari Leak tidak harus ke Bali. Di kendal Jawa Tengah, lebih tepatnya di Dusun Pulelawang, Kecamatan Patean tari Leak dan tari Pendet dari Bali sering di tampilkan bersamaan dengan tari Kuda Lumping. Perpaduan tari tersebut menjadi suatu penampilan yang menarik bagi masyarakat sekitar. Akulturasi Budaya Jawa dan Bali ini menambah kekayaan budaya Indonesia.

Dono ketua kelompok tari Turonggo Budoyo mengungkapkan, "Percampuran tari Leak ini semata-mata untuk menarik simpati kalangan muda di Dusun Pulelawang untuk ikut terjun melestarikan budaya". Pada awalnya kelompok kesenian ini hanya menampilkan tari Kuda Lumping, namun karena masyarakat jenuh dengan penampilan Kuda Lumping yang begitu saja. Akhirnya tari Kuda Lumping di kombinasikan dengan tari Leak dan tari Pendet dari Bali. Masyarakat terlihat lebih antusias ketika melihat kita tampil, tambahnya.

Kurangnya bantuan dan dukungan dari pemerintah Daerah menjadikan kelompok tari berjalan ngos-ngosan . Berkembang atau tidak kesenian itu tergantung penampilan. Ketika banyak panggung bisa mendapat sejumlah uang yang dapat digunakan untuk pemeliharaan perlengkapan serta biaya make up para penampil. Harapannya pemerintah Daerah bisa mensuport setiap kelompok kesenian supaya budaya warisan leluhur dapat terjaga, tambahnya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karang Taruna Tunas Bangsa Mengecam Tindakan Amerika Serikat (AS)

Keindahan Danau Pulelawang

Kegiatan mengecat Tugu